Selasa, 01 Februari 2011

Sejarah Singkat Tentang STMIK CILEGON

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Cilegon selanjutnya disebut STMIK CILEGON didirikan berdasarkan Akta Yayasan Pendidikan Insan Madani yang dibentuk tanggal 29 Agustus 1998 dengan legalitas Akta Notaris MOHAMAD TOHA dengan Nomor: 74 yang telah didaftar di Kepaniteraan Pengadilan Negeri Serang dengan Nomor: 23/YY/1998/pnsr. Izin Penyelenggaraan diberikan kepada Program Studi Teknik Informatika untuk jenjang Strata Satu (S1) dan Manajemen Informatika untuk jenjang Diploma Tiga (D3) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan & Kebudayaan Nasional Nomor: 47/D/0/1999 tanggal 15 Maret 1999.
Akta diatas mengalami perubahan tanggal 31 Mei 2005 berdasarkan Akta Notaris Ny. Soemarlik M. Sunarno, SH. dengan Nomor: 99, yang telah didaftarkan kembali di Kepaniteraan Pengadilan Negeri Serang dengan Nomor: 23/YY/1998/pnsr. Susunan pengurus yayasan berdasarkan akta tersebut adalah:
  • Pengawas : Drs. H. Makmun Suchari
  • Pembina   : Drs. H. Achmad Ismail, SH
                  H. Firmanullah Firdaus, M.Kom
  • Pengurus:
    • Ketua : H. Embay Mulya Syarif
    • Sekretaris : Nila Natijah, S.Kom
    • Bendahara : H. Widi Sulistiono, Ak, MM
Semakin meningkatnya laju pembangunan di segala bidang, STMIK CILEGON sebagai suatu lembaga pendidikan diharapkan dapat menjadi lembaga yang benar-benar mantap dan tangguh sesuai dengan tuntutan jaman, baik dari segi organisasi maupun dari segi manajemennya. Realisasi awal hal tersebut adalah diperolehnya AKREDITASI program studi Teknik Informatika dengan No. 031/BAN-PT/Ak-X/S1/XII/2007 dan program studi Manajemen Informatika dengan No. 006/BAN-PT/Ak-VIII/Dpl-III/VI/2008.

Dengan demikian, STMIK CILEGON mampu untuk ikut berperan lebih banyak dalam menunjang terlaksananya usaha pembangunan bangsa dan negara. Dengan kata lain bahwa STMIK CILEGON selain diharapkan dapat mendidik mahasiswa menjadi mahasiswa yang inovatif, juga dapat menghasilkan lulusan yang berkemampuan unggul dan berdaya saing tinggi. 

Untuk mewujudkan pembangunan bangsa di bidang pendidikan, STMIK CILEGON mengembangkan diri dengan komitmen tinggi untuk menjawab tantangan dan peluang secara strategis, mengembangkan mutu sumberdaya manusia, mengembangkan ilmu, kebijakan dan standar-standar operasional manajemen. Jawaban terhadap tantangan dan peluang itu dinyatakan dalam bentuk kajian-kajian strategis dan proses pembelajaran melalui interaksi efektif untuk membangun keunggulan wawasan, teori, motivasi, sikap, keahlian, standar-standar, alat bantu dan praktek profesional.

Agar STMIK CILEGON tetap eksis dan berkembang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pengguna, maka sekolah ini terus melakukan upaya berbagai ajang promosi, di antaranya kerjasama dengan pihak luar terutama dalam bidang tri dharma perguruan tinggi, kunjungan ke instansi pemerintah/swasta, dan kunjungan ke perguruan tinggi lain. Selain itu, persiapan penerimaan mahasiswa baru diarahkan pada kegiatan pemasangan spanduk, penyebaran brosur, iklan layanan masyarakat dan pengiriman surat himbauan ke instansi pemerintah dan swasta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar